Sabtu, 05 Februari 2011

My dream,,


“Tulis apa yang anda rencanakan, rencanakan apa yang akan anda tulis” Awal mengenal tulisan ini saat masih mengecap pendidikan saya cukup tersentak, ternyata segala sesuatu yang direncanakan adalah sebagian dari keberhasilan. Minimal keberhasilan dalam membuah sebuah planning masa depan yang ingin kita raih. Perencanaan yang matang membuat pekerjaan lebih terarah dan membuat goal yang kita tuju lebih jelas. Setiap manusia mempunyai keinginan dan cita-cita dalam hidupnya. Begitu juga dengan aku beberapa waktu lalu mempunyai sejuta mimpi untuk masa depan. Sejak kecil aku suka membuat goresan-goresan kecil mulai dari kegiatan sehari-hari, menulis target-target yang diinginkan mulai jangka pendek sampai jangka panjang. Sekarang seperempat abad lebih sudah berlalu semuanya tidak terasa berlalu begitu cepat ternyata benar adanya sebagian besar dari perencanaan yang pernah saya goreskan maupun yang sering saya ucapkan secara lisan terwujud meski tak sesempurna yang saya inginkan karena memang tidak semua keinginan kita harus terpenuhi dan tidak semua keinginan kita juga baik untuk kita. Berikut beberapa langkah membuat perencanaan yang pernah saya lakukan:
  • Prioritas, pilih perencanaan yang dianggap paling penting diantara yang penting
  •  Urut, urutkan perencanaan mulai dari yang terkecil/jangka pendek-jangka panjang
  •  Disiplin, jangan biarkan rencana tinggal rencana, namun laksanakan dengan disiplin
  •  Jujur, jujur dengan diri sendiri perencanaan yang kita buat murni keinginan kita bukan sesuai kemapuan, jangan memaksakan diluar kemampuan 
  • Evaluasi, evaluasilah kegiatan yang tidak terlaksana dan terlaksana apa penyebab gagal/berhasil untuk pelajaran dimasa mendatang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar